Tips Hindari Ponsel Android Dari Virus Berbahaya

Tips Hindari Ponsel Android Dari Virus Berbahaya - Smartphone Android adalah perangkat yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Ada banyak sekali hal baik yang dapat diperoleh dengan menggunakan Smartphone Android. Tapi bagi anda yang menggunakan android tentunya harus berhati-hati terharap virus yang mengancam smartphone anda.

Layaknya seperti computer, Smarphone Android juga sangat beresiko terkena virus. Virus akan banyak menyebabkan masalah pada smartphone. bahkan ada virus yang menyebabkan menghilangkan data diponsel android anda dan membuat ponsel android anda tidak dapat digunakan secara normal, atau bahakan bisa membuat ponsel anda mati total. Oleh sebab itu anda harus menjaga dengan baik ponsel android anda agar tidak mudah terkena virus.

Smartphone Android juga memiliki banyak pilihan tenta aplikasi yang dapat di gunakan, hal ini dapat di lihat di Google Play Store, dimana google play store ini adalah market dari sekian banyaknya aplikasi yang dapat di gunakan di ponsel android. Setiap orang yang memiliki ponsel android tentu pernah berkunjung ke google play store untuk mencari atau mengunduh sebuah aplikasi yang mereka butuhkan.

Salah satu yang menyebabkan ponsel android terkena virus adalah seringnya mendownload aplikasi yang abal-abal atau kurang di percaya. Oleh karena itu untuk mendownload aplikasi sebaiknya lakukanlah di Google Play Store untuk menghindari virus atau malware.

Maka berhati-hatilah saat menggunakan smarphone android anda, terutama saat menjelajah dunia maya. Karena kemungkinan besar virus yang menempel diponsel android anda datang pada saat menjelajah internet. Selain hati-hati kita juga dituntut untuk cerdas mengenali ancaman virus.

Berikut beberapa Tips Hindari Ponsel Android Dari Virus Berbahaya :


Tips Hindari Ponsel Android Dari Virus Berbahaya
Sumber : https://pixabay.com/id/smartphone-cellphone-1894723/


1. Akses ke Aplikasi


Walaupun anda mendownload aplikasi dari Google Play Store, anda tetap harus berhati-hati. Pasalnya, masih banyak aplikasi yang diprogram untuk memata-matai (spyware)
Untuk itu, saat akan memasang aplikasi perhatikan Permission Access yang muncul pada saat anda ingin mengunguh aplikasi dari manapun sumbernya. Jika ada permintaan izin ke tool yang mencurigakan sebaiknya anda langsung membatalkan unduhan.

2. Pakai Antivirus Terbaru


Tips hindari ponsel android dari virus yang satu ini sangat umum digunakan para pengguna ponsel android. Biasanya para pengguna smartphone android malas untuk memasang antivirus karena takut smarphonenya menjadi lemot. Memasang antivirus memang penting untuk di lakukan. Meski ada resikonya, tetapi yang harus diingat, pasanglah antivirus versi terbaru suapaya fungsinya lebih maksimal.

Ada banyak sekali antivirus untuk android, misalnya dari VGA, Kaspersky, Norton dan bahkan Avast. Alangkah baiknya gunakanlah antivirus hanya dari vendor ternama tersebut. Daripada sekedar gratis dari sumber tak terpercaya tapi akhirnya malah menyebarkan virus diponsel android anda.

3. Hati-Hati Saat Menggunakan Wifi Publik


Semua orang pasti senang jika mendapatkan akses internet gratis. Tapi perlu anda ketahui bahwa tidak semua sambungan Wifi itu aman. Karena Wifi sangat sering di gunakan oleh peretas untuk masuk ke dalam system perangkat. Untuk itu pastikan terlebih dulu koneksi Wifi public sebelung anda menggunakannya. Dan sebaiknya anda mensetting koneksi Wifi anda menjadi OFF untuk menghindari otomatis tersambung ke jaringan Wifi yang berbahaya.

4. Update Sistem Operasi Anda


Biasnya pabrikan smartphone merilis system operasi versi terbaru secara berkala. Suka atau tidak suka, anda memerlukan perlindungan yang lebih optimal. Hal ini dapat anda rasakan melalui pembaruan (update) system operasi. Pembaruan system operasi tidak memakan waktu yang lama.

5. Manfaatkan Aplikasi Pihak Ke Tiga


Memanfaatkan aplikasi pihak ke tiga ini adalah memanfaatkan aplikasi yang bisa mencegah masuknya virus ke ponsel android anda. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mencegah supaya ponsel android anda tidak terkena virus. Anda dapat mendownloadnya di aplikasi Google Play Store.

6. Hindari Aplikasi Bajakan


Cara untuk menghindari aplikasi bajakna ini anda dapat memilih developer yang sudah terpercaya. Biasanya aplikasi bajakan menawarkan kapasitas yang rendah untuk di unduh serta aplikasinya tidak berbayar atau gratis. Untuk lebih amannya sebaiknya anda mendownload aplikasi hanya di google play store yang sudah tersedia di ponsel android anda.

7. Setting Keamanan di Perangkat Android Anda


Cara agar ponsel android anda tidak terkena virus secara langsung adalah dengan cara mensetting keamanan diponsel android anda secara maksimal. Cara ini dapat anda lakukan dengan cara masuk ke menu Setting atau pengaturan keamanan, lalu centang pada bagian Verify apps. ini di lakukan untuk mencegah aplikasi dari sumber yang tidak di kenal.

8. Hindari Aplikasi Yang Meminta Data Pribadi


Aplikasi yang membawa virus biasanya sangat mencurigakan dan berbeda dengan aplikasi yang biasa di download. Aplikasi yang berbahaya biasanya memerlukan akses data pribadi, hal ini sudah tergolong sangat mencurigakan. Untuk itu jika anda mendownload aplikasi dan aplikasi tersebut meminta data pribadi anda, sebaiknya hindari dan langsung menghentikan unduhan.

Itulah beberapa Tips Hindari Ponsel Android Dari Virus Berbahaya. Gunakanlah smartphone anda dengan sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat.