Cara Mudah Mengatasi Aplikasi BBM Lemot atau Lambat

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi BBM Lemot atau Lambat - BBM (BlackBerry Messenger) adalah sebuah aplikasi pesan instan yang sudah banyak di gunakan. Dengan segala keunggulan dan kelebihannya, aplikasi yang di kembangkan oleh Research In Motion (RIM) ini memang selalu menarik banyak orang untuk menggunakannya. Pertumbuhan pemakai aplikasi ini dari tahun ke tahun memang selalu meningkat. Hal ini di sebabkan oleh adanya perluasan pengguna BBM lintas platfrom untuk iOS dan Android pada tanggal 23 oktober 2013 lalu.
Sayangnya meski aplikasi ini semakin populer, tapi banyak penggguna di smartphone android seringkali mengalami aplikasi BBM yang lemot atau lambat, hal itu disebabkan karena aplikasi BBM merupakan aplikasi yang tergolong cukup besar dan berat, dimana aplikasi BBM tersebut memakan banyak ruang RAM pada ponsel anda.

Sebagai pengguna BBM tentunya semua orang tidak ingin aplikasi BBM nya tersebut lambat. Untuk menjaga kinerja ponsel anda tergantung pada bagaimana anda menggunakan ponsel anda secara bijak. Banyaknya aplikasi yang terinstal di ponsel anda merupakan salah satu faktor yang membuat ponsel anda menjadi lambat.

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi BBM Lemot atau Lambat
Berikut beberapa penyebab utama yang menyebabkan aplikasi BBM anda lambat
  1.  Masalah jaringan internet yang minim
  2. Terlalu banyak aplikasi yang terinstal sehingga membuat kinerja ponsel anda menjadi lambat
  3. Ponsel anda sudah berumur lebih dari 2 tahun ke atas. Ponsel yang sudah lama akan mengalami penurunan performa dan tidak akan bekerja secara maksimal lagi
  4. Terlalu banyak kontak BBM, group atau chanel yang berlebihan

Dari penyebab umum inilah kinerja ponsel android anda akan jadi lemot atau lambat.

Berikut beberapa tips untuk Cara Mudah Mengatasi Aplikasi BBM Lemot atau Lambat


Cara Mudah Mengatasi Aplikasi BBM Lemot atau Lambat

1. Tidak memasang aplikasi terlalu banyak


Terlalu banyak menginstal aplikasi akan membuat ponsel anda menjadi lemot atau lambat, dan tentunya jika ponsel anda lambat maka aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel anda akan ikut lambat, termasuk aplikasi BBM akan ikut lambat. Jadi alangkah baiknya anda hanya menginstal aplikasi yang sering anda gunakan saja.

2. Berikan space kosong yang mencukupi pada memori RAM


Jika memori RAM ponsel anda penuh, maka ponsel smartphone anda akan terasa semakin lemot atau semakin lambatnya ponsel smartphone anda dan akan menyebabkan aplikasi yang kita buka sering tertutup secara tiba-tiba yang di sebabkan kurangnya space room yang ada.

3. Hapus group atau kontak tidak penting


Kurangi kontak BBM yang berlebihan, sebaiknya anda menghapus kontak yang tidak pernah anda hubungi atau anda hanya menyimpan kontak orang-orang yang anda kenal saja. Karena terlalu banyak kontak di aplikasi BBM adalah salah satu dari penyebab BBM di ponsel smarthphone menjadi lemot atau lambat, itu disebabkan terlalu banyaknya incoming conection dari ID BBM lain menuju ponsel anda.

4. Bersihkan Data dan Chace di aplikasi BBM


Dengan menghapus dara dan chace ini maka kapasitas RAM yang di gunakan akan kembali besar. Untuk menghapus data dan chace pada aplikasi BBM, anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan atau setting dan kemudian pilih applications, selanjutnya pilih application manager, lalu pilih aplikasi BBM, lalu masuk ke info aplikasi BBM, pada bagian storage pilih clear data atau clear chace.
Konsekuensi yang harus di tanggung jika menghapus data dan chace adalah pengguna akan otomatis keluar atau sign out dari aplikasi BBM, chat history dan recent update juga akan ikut terhapus.

5. Gunakan tema asli bawaan BBM


Aplikasi BBM jadi lemot juga bisa di sebabkan karena perubahan pada temanya. Mengubah tema sesuai keinginan anda memang akan terlihat lebih menarik, tapi sayangnya aplikasi BBM akan terasa lebih lambat. Maka sebaiknya anda tidak mengubah tema asli dari aplikasi BBM, jika anda sudah mengganti temanya alangkah baiknya anda kembali mengubah ke tema asli bawaan aplikasi BBM.

6. Ubah pengaturan BBM seperlunya


Mengubah pengaturan BBM dengan seperlunya saja. Salah satu yang seringkali membuat aplikasi BBM jadi lemot adalah pengaturan informasi lagu yang muncul di satus BBM.


Itulah beberapa tips tentang Cara Mudah Mengatasi Aplikasi BBM Lemot atau Lambat. Semoga bermanfaat.